Apa saja julukan kota Purwokerto?

admin 1 min read
Halo, warga Purwokerto! Apa kabar hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Nah, kalian tahu nggak nih, kalau kota yang kita cintai ini punya beberapa julukan unik dan keren lho. Penasaran? Yuk, kita bahas bareng-bareng!

1. Kota Satria

Kota Satria
Purwokerto dikenal dengan julukan Kota Satria. Julukan ini diberikan karena Purwokerto merupakan pusat Kabupaten Banyumas yang memiliki sejarah panjang sebagai daerah pertahanan. Pada masa Kerajaan Mataram, Purwokerto menjadi markas pasukan Mataram yang bertugas menjaga perbatasan selatan kerajaan.

2. Kota Kesenian

Purwokerto juga dijuluki sebagai Kota Kesenian. Julukan ini disematkan karena Purwokerto memiliki kekayaan seni dan budaya yang beragam. Di kota ini terdapat banyak sanggar seni, grup tari, dan kesenian tradisional lainnya. Salah satu kesenian khas Purwokerto yang terkenal adalah wayang kulit Banyumasan.

3. Kota Pendidikan

Purwokerto juga dikenal sebagai Kota Pendidikan. Julukan ini diberikan karena Purwokerto memiliki banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Beberapa perguruan tinggi ternama di Purwokerto antara lain Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

4. Kota Wirausaha

Purwokerto memiliki julukan sebagai Kota Wirausaha. Julukan ini diberikan karena banyaknya masyarakat Purwokerto yang memiliki jiwa wirausaha. Di kota ini terdapat banyak usaha kecil dan menengah (UKM) yang berkembang pesat. Beberapa komoditas unggulan usaha di Purwokerto antara lain kerajinan batik, makanan ringan, dan furniture.

5. Kota Lumpia

Kota Lumpia
Purwokerto terkenal dengan kulinernya, yaitu lumpia. Lumpia Purwokerto memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan lumpia dari daerah lain. Lumpia Purwokerto berisi rebung, daging ayam, dan telur yang dibungkus dengan kulit lumpia yang renyah.

6. Kota Mendoan

Selain lumpia, Purwokerto juga terkenal dengan kulinernya yang lain, yaitu mendoan. Mendoan adalah tempe yang digoreng setengah matang dengan adonan tepung terigu yang diberi bumbu. Mendoan biasanya disajikan dengan cabe rawit atau kecap manis.

7. Kota Mahogani

Purwokerto juga dijuluki sebagai Kota Mahogani. Julukan ini diberikan karena Purwokerto merupakan salah satu daerah penghasil kayu mahoni terbesar di Indonesia. Kayu mahoni dari Purwokerto dikenal memiliki kualitas yang baik dan banyak digunakan untuk pembuatan furniture dan kerajinan.

8. Kota KB

Purwokerto dikenal dengan program Keluarga Berencana (KB) yang sukses. Pada tahun 1970-an, Purwokerto menjadi salah satu daerah percontohan program KB di Indonesia. Program KB di Purwokerto berhasil menurunkan angka kelahiran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

9. Kota Sejuta Angkringan

Kota Sejuta Angkringan
Purwokerto dijuluki sebagai Kota Sejuta Angkringan. Julukan ini diberikan karena di kota ini terdapat banyak sekali angkringan yang berjualan di pinggir jalan. Angkringan di Purwokerto biasanya menjual berbagai makanan dan minuman ringan seperti nasi kucing, sate usus, dan wedang jahe.

10. Kota Kesenian Barongan

Purwokerto memiliki kesenian tradisional yang khas, yaitu Barongan. Barongan adalah kesenian tari yang menampilkan sosok hewan mitologi dengan kepala yang menyerupai singa. Kesenian Barongan biasanya dipertunjukkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, dan perayaan hari besar keagamaan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi tentang julukan Kota Purwokerto bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa untuk kembali lagi nanti untuk mengetahui lebih banyak informasi menarik tentang Purwokerto dan sekitarnya. Sampai jumpa!
Posting Komentar